Laman

Kamis, 12 Agustus 2010

Pelatihan TMDP untuk Sarjana Baru yang Akan Memasuki Dunia Kerja.

Trend Rekruitment saat ini telah  beralih dari Rekruiment Tradisional menjadi Talent Recruitment.

Talent Recruitment adalah :
  • Perekrutan yang didasari oleh bakat/potensi yang dimiliki setiap sarjana melihat dari aspek secara: personal, profesional dan bisnis.
  • Potensi dapat diketahui melalui analisa psikologis (Psychological Mapping), sehingga setiap sarjana akan terlihat apakah mau, bisa dan mampu dalam bekerja.
 Bagaimana
Mensiasati  Proses
Talent  RecruiTment” ?
Talent Management development program (TMDP)
Mempersiapkan sarjana memasuki dunia kerja dengan kompetensi managerial

 Seminar TMDP di IPB Bogor



KONSEP  TALENT MANAGEMENT DEVELOPMENT PROGRAM (TMDP)

TMDP adalah program Pelatihan Soft Skills yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi manajerial yang diberikan untuk mahasiswa semester akhir atau S1 yang belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai latar belakang keilmuannya.

Akhir program TMDP, semua peserta akan melalui proses kelulusan yang dinilai mulai dari: kesanggupan (Committment) belajar secara pro-aktif di dalam maupun di luar kelas; kemampuan (Competency) memperjuangkan studi kasus; penilaian kemampuan mengelola kondisi pekerjaan (Managing Condition) yang dihadapi (disiplin sebagai bawahan, komunikasi, kepemimpinan, pembuatan keputusan dan membangun tim kerja). Ini semua menjadi bahan utama kompetensi manajerial (Soft Competency) untuk dapat memasuki dunia kerja.


TUJUAN  TMDP
Kursus TMDP mempunyai beberapa tujuan yaitu:
1.   Membangun kesanggupan (Committment) pribadi peserta agar mampu mengelola diri sendiri, memiliki disiplin tinggi sebagai peserta Kursus maupun sebagai calon karyawan pada bidang pekerjaan yang akan dimasuki.

2.   Mendampingi pengembangan kemampuan (Competency) profesional peserta dalam hal kompetensi manajerial (Soft Competency) terdiri dari :    
  • Kemampuan berkomunikasi secara fungsional.
  • Kepemimpinan manajemen perubahan.
  • Kemampuan membuat keputusan bisnis
  • Kemampuan bekerja di dalam dan membangun team.
  • Kemampuan dunia wiraswasta.

3.   Mendampingi peserta agar mampu mengendalikan berbagai kondisi (Managing Condition) mulai tahap seleksi pekerjaan sampai memasuki dunia kerja.

4.   Mendampingi peserta agar mampu menjadi anggota baru pada kelompok kerja dengan berkontribusi secara positif, optimal, berdasarkan logika: Bersih, Transparan dan Profesional (BTP).

 Pelatihan TMDP di UNAIR Surabaya

PROSES PEMBELAJARAN TMDP
Proses pembelajaran TMDP akan menghasilkan calon pekerja dengan kriteria: mempunyai kemampuan manajerial yang superior, pengertian yang mendalam mengenai bisnis dan industri yang akan dimasuki, mempunyai antusiasme dan mampu berhadapan dengan perubahan lingkungan yang serba cepat.

Proses pembelajaran ini dilakukan dengan metode belajar active learning melalui kombinasi antara ceramah, simulasi, studi kasus, presentasi dan diskusi interaktif yang semuanya disampaikan secara Fun, sehingga peserta tidak akan pernah jenuh mengikutinya.

METODE PELATIHAN
  • Fun
  • Practical Learning
  • Studi Kasus, Review Film, Observasi Lapangan
  • Dames : Bowling, Golf, Gocart, Dart, dsb.
 
EVALUASI TMDP
Evaluasi TMDP dilakukan mulai dari analisa psikologi dan kegiatan Kursus dengan  prosentase ; 1). Nilai dari peserta TMDP = 30%, 2). Nilai dari trainer TMDP = 70%.
Penilaian yang diberikan adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengukur dan menilai keberhasilan kegiatan Kursus peserta TMDP. Penilaian dapat diperoleh dari kegiatan selama mengikuti Kursus TMDP dari trainer, tugas, ujian juga dari peserta lainnya.

PAPER AKHIR / INDIVIDUAL PAPER TMDP
Setiap peserta sebelum menyelesaikan Kursus TMDP diwajibkan menyusun paper individu sesuai dengan kekhasan atau spesialisasi bidang yang diminati. Studi mandiri ini akan didampingi oleh trainer sebagai pembimbing paper dengan maksud :

1.  Trainer sebagai pendamping membantu setiap peserta TMDP merencanakan paper studi mandiri pada awal pertemuan.
2.   Membantu setiap peserta TMDP mengembangkan potensi dirinya sehingga memperoleh hasil yang optimal dan dapat menyelesaikan studi mandiri sesuai waktu yang telah ditentukan.


MATERI  TMDP
 Fokus Kursus TMDP akan bertumpu pada :
1.   Manajemen Diri (Self Management). Meliputi; Self Awareness dan Self Mastery.
2.  Kompetensi Managerial (Soft Competency). Meliputi; Business Communication, Business Presentation, Leadership, Problem Solving & Decision Making, and Team Working.
3.   Pengembangan Proyek Bisnis (Business Project Management).
4.   Study Mandiri (individual paper).

 
PELAKSANAAN TMDP
TMDP ini dilakukan selama 1,5 bulan intensif (10 kali pertemuan). Program TMDP dapat dilakukan dengan kuota maksimum 30 orang per kelas. Efektivitas waktu pertemuan adalah 7 jam per hari.

Peserta TMDP juga mendapatkan layanan tambahan yaitu layanan konseling gratis sepanjang masa bagi peserta sebagai proses berkesinambungan demi tercapainya target pribadi maupun target pekerjaan.

TESTIMONI




















Berminat  ??

Hubungi Kami,
SYAMSU DARIS
HP. 08156265099
email : syamsudaris@rocketmail.com



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar